Skip to main content

CARA CEPAT VERVAL PD PENGAJUAN EDIT DATA SISWA

Input data siswa di aplikasi dapodik tentunya harus sesuai dengan data yang sebenarnya. Namun ternyata dilapangan ada saja kendala yang menghambat dalam penginputan data sehingga data yang didapatkan tidak benar dan akurat. Disinilah diperlukan kerjasama antara orang tua siswa dengan sekolah dalam menghimpun data yang benar dan akurat berkaitan dengan keadaan siswa yang sebenarnya.


Untuk mengatasi data siswa yang tidak benar dan akurat  namun sudah terlanjur diinputkan. Anda para Operator Sekolah tidak perlu khawatir ada cara untuk memperbaikinya yakni melalui VERVAL PD. Pada kesempatan ini akan saya bagikan Cara Verval PD Pengajuan Edit Data Siswa untuk memperbaiki data siswa yang tidak akurat sebagai berikut:

1.  Silahkan anda buka halaman http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id. Selanjutnya inputkan username dan password dapodik sekolah anda masing-masing kemudian klik login. Lihat gambar dibawah ini.


2.   Halaman verval PD terbuka dengan 7 menu yang tersedia. Karena kita akan melakukan verval edit data siswa maka anda pilih menu Edit Data à Pengajuan à Nama & Tanggal Lahir seperti gambar berikut.


3.  Klik tab Pilih Siswa sehingga muncul kotak dialog daftar siswa. Silahkan anda cari siswa yang akan diperbaiki datanya dengan cara scroll layar ke atas dan ke bawah kemudian klik Ok. Perhatikan gambar dibawah ini.



4.  Setelah halaman Pengajuan Perubahan Nama & Tanggal Lahir muncul. Silahkan anda isi data peserta didik pada kotak yang tersedia dengan data yang benar dan valid sesuai dengan dokumen siswa yang sah seperti akte kelahiran, kartu keluarga dan keterangan kelahiran. Upload juga bukti salah satu dokumen diatas dengan format jpg/png dengan ukuran tidak melebihi dari 1 Mb. Kemudian klik tab pengajuan perubahan. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

5.  Untuk melihat bukti pengajuan sudah terkirim ke server PDSP bisa anda lihat di status. Dengan cara klik Menu Edit Data à Status, seperti gambar berikut.



6.  Pengajuan perubahan data peserta didik selesai berarti menunggu persetujuan dari Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat. Oleh Karena itu silahkan anda koordinasi dengan Operator Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat untuk proses persetujuan perubahan data peserta didik. Berikut adalah gambar data siswa yang telah di setujui dinas.


7.  Setelah anda menerima konfirmasi bahwa perubahan data peserta didik telah disetujui Dinas Pendidikan, silahkan anda cek di halaman http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/home dengan cara menginputnan NISN peserta didik kemudian klik Cari. Seperti gambar berikut.



8. Apabila data siswa telah berubah sesuai dengan yang diajukan itu berarti bahwa data siswa telah masuk ke server Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP). Silahkan anda lakukan singkronisasi dapodik supaya data dari server pusat dapat masuk ke aplikasi lokal.

Demikian Cara Verval PD Pengajuan Edit Data Siswa yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. maaf mau bertanya min, kalau sdh di sinkron tp blm berubah biasanya penyebabnya apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha podo aku bro.. sabar wae yo. ojo dredeg ojo sepaneng kabeh hiso di urus. ampun supe maem lan ngunjuk kopi kersane mboten terserang mag.. wkwkwkwk

      Delete
    2. Minta di approve oleh admin dinas pendidikan kab/kota

      Delete
    3. Iyah, bagaimana yah kalau sudah di sinkron namun belum berubah ? .

      Delete
  2. Replies
    1. upload dengan format jpg (ukuran maksimal 1 mb)
      jika sudah tapi belum bisa ,mungkin nama siswa tersebut memakai tanda petik sehingga tidak bisa dibaca sistem

      Delete
  3. Maaf mau tanya, apakah aplikasi dapodik itu ada tenggang waktu untuk mengganti? Karena nama saya di dapodik itu salah, tapi kata pihak sekolah sampai sekarang aplikasi dapodiknya belum bisa dibuka untuk mengubah data siswanya. Tolong dijawab ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perbaikan data siswa dapat di lakukan di vervalpd. Upload berkas tan dibutuhkan...trus minta diapprove oleh admin dinas pendidikan kab/kota

      Delete
  4. Kalau datanya di vervalpd sudah berubah tapi di dapodik belum berubah bagaimana yah ?

    ReplyDelete
  5. kalau dapodik versi 2020 b data siswa invalid karena belum input NIK siswa sehingga tidak dapat melakukan singkronisasi. kemudian saya lakukan verval pd. tindakan selanjutnya gmana ya min?. mau singkron dapodik lg kan gak bisa karena memang itu masalahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. podo kasuse,rubah dulu di verval pd trus nunggu 2-3 hari setelah perubahan data,setelah itu cek di dapodikdasmen apakah data sudah berubah..kalo sudah berubah uninstal dapodiknya trus instal dan registrasinya kudu online biar data nya bisa kesedot.

      Delete
  6. Mohon solusinya saya punya kendala pada data UN masalany pada no seri ijasah yg terbaca 20 karakter n shrus nya 19 saya SDH perbaiki lewat dapodik n di singkron to blum terganti juga n msh tetap sama mohon solusinya

    ReplyDelete
  7. kalau diverval pd sudah berubah tapi di emanja belum berubah itu gimana? padahal sudah disinkronisasi berkali kali

    ReplyDelete
  8. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete
  9. Kalau ngubah data siswa yang sudah lulus gimana ya?

    ReplyDelete
  10. kak kalo mau edit data jurusan siswa ga ada, sama tanggal masuk siswa salah gimana?

    ReplyDelete
  11. Kalau tanpa di sinkron apakah data di dapodik bisa berubah? Terima kasih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

JIKA STATUS NUPTK TIDAK VALID, INI YANG HARUS ANDA LAKUKAN

Dalam input data dapodik sering sekali terjadi banyak kesalahan. Hal itu terjadi bukan karena kesengajaan, namun kebanyakan karena kekeliruan. Kejadian tersebut sejatinya menyebabkan data yang dikirimkan menjadi tidak valid. Sehingga berimbas pada penangguhan pencairan Tunjangan Profesi Guru atau disebut juga Sertifikasi. Salah satu contohnya adalah dalam kasus status NUPTK yang tidak valid. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan status NUPTK menjadi tidak valid setelah terbaca oleh server PDSP. Tapi tenang anda sebagai Operator Sekolah jangan panik ada solusi untuk mengatasi masalah ini. Jika status NUPTK tidak valid tindakan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut: Buka dapodik online pada masing-masing jenjang. Cek penulisan nama pada dapodik Ø Sebaiknya penulisan nama sesuai dengan ijazah, tanpa gelar, gelar pada kolom tersendiri.   Cek tanggal lahir pada dapodik Ø Pastikan penulisan tanggal lahirnya sudah benar tidak kebalik antara tanggal dan bu

Download Soal HOTS PAS Bahasa Indonesia Kelas VIII Tahun Pelajaran 2019-2020

Salam sejahtera bagi kita semua. Bertemu kembali bersama saya admin blog keranjangilmu81.blogspot.com. Pada kesempatan ini ijinkan saya untuk posting artikel tentang Soal HOTS dalam penyelenggaraan Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil tahun Pelajaran 2019-2020. Saya berharap Artikel ini, paling tidak bisa menjadi bahan referensi untuk penyusunan soal PAS yang akan bapak dan Ibu guru buat. Berhubung penyelenggaraan kegiatan ujian ini akan berlangsung sebentar lagi. Menurut Kalender Akademik pelaksanaan ujian tersebut akan dilaksanakan pada minggu pertama bulan Desember lusa. Oleh karena itu, Guru harus segera mempersiapkan naskah soal sebagai instrumen untuk mengevaluasi peserta didiknya pada semester ini. Sebagi salah satu tenaga pendidik, saya sendiri mempunyai posisi yang sama seperti anda rekan guru semua. Dengan berbagai kesibukan yang ada kita harus mempersiapkan soal untuk mengukur kompetensi peserta didik, sejauh mana daya serap materi pelajaran itu telah mereka k

PENGAJUAN NUPTK TELAH DIBUKA

PENTIIIIING..! Pengajuan NUPTK sudah dibuka.. Bagi yang nemenuhi syarat silahkan manfaatkan kesempatan ini. Login di vervalptk.data.kemdikbud.go.id Persyaratan yang harus dipersiapkan diantaranya: Passfoto 4x6, maksimal 1 MB (masukan pada menu Pengelolaan-Perbaikan Foto). SK Pengangkatan PERTAMA dan TERAKHIR dari Kepala Dinas untuk GTT di sekolah negeri, Ketua Yayasan bagi guru Tetap Yayasan. Surat Penugasan dari Kepala Sekolah 3 tahun terakhir (2016, 2017, 2018) file syarat nomor 2 dan 3 dijadikan satu file format pdf. KTP Ijazah SD, SMP, SMA, S1 Scan semua dokumen asli bukan fotocopy atau legalisir. Upload semua dokumen disini: https://vervalptk.data.kemdikbud.go.id Baca Juga:   Nasib Honorer, Melalui PPPK (P3K) Memperoleh Angin Segar Cara Memperoleh SK Kepala Dinas Pendidikan Untuk Pengajuan NUPTK Tahapan Pengajuan NUPTK Assalamu alaikum wr wb.. Kami informasikan bahwa perbaikan pengusulan NUPTK yang kemarin sempat tertutup , sekarang sudah bis